Skip to content →

Bangku Kuliah: Pilih Kampus Tulen atau Kampus Bule?

“Bangku Kuliah: Pilih Kampus Tulen atau Kampus Bule?” tahukah anda apa itu tulen dan apa itu bule. Tulen di sekitar lingkungan saya memiliki artik kata sejati, sedangkan bule adalah sebutan bagi orang luar negeri.  Jadi yang saya maksud kampus tulen dan bule adalah kampus yang berada di tempat asal calon mahasiswa. Sedangkan kampus bule adalah kampus yang berada diluar negeri.

Mengapa saya mengambil judul diatas?

Berawal dari kebiasaan membaca koran saya menemukan judul bacaan menarik mata. “Gandrungi Kampus Luar Negeri” itulah judul dari harian metropolis(JP grup) edisi Sabtu, 28Mei2011. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa pada ulang tahun Surabaya ke-718 terjadi fenomena baru dalam bidang pendidikan semakin sedikit siswa yang akan memilih universitas yang berada di asal mereka.

Beberapa faktor yang membuat siswa termotivasi berpaling kepada kampus bule antara lain
-Biaya kampus tulen yang semakin meninggi
-Tingkat kesadaran akan pendidikan
-Muncul suatu prestige tersendiri
-Banyak tawaran
-Banyaknya pameran pendidikan
-Munculnya sekolah RSBI

Sekarang ini biaya kuliah dalam negeri mulai meningkat, sampai-sampai ada yang mengatakan “mending anakku tak sekolahno ndek(di) swasta yang bagus, daripada di PTN(perguruan tinggi negeri)”. Dari perkataan tersebut, itulah salah satu indikator bahwa biaya pendidikan semakin tinggi.

Pada faktor yang terakhir yaitu pameran pendidikan. Saya mengetahui berita tersebut dari Detia K. yang sekarang sudah berada di kampus bule. Jadi pada suatu hari dia datang ke suatu pameran pendidikan samapai akhirnya mendaftarkan diri untuk kuliah di kampus bule sampai akhirnya terrealisasikan. #semoga saya mengikuti langkahnya.

Banyaknya tawaran disini juga termasuk dalam cerita teman saya diatas. Tawaran yang dimaksudnkan disini bukan sekedar tawaran melainkan melalui tes-tes. Sudah bukan permasalahan umum mencari beasiswa itu susah. Coba kita menuju rumah mbah google dan bertanya, beasiswa luarnegeri mbah google langsung menjawabnya tanpa basa basi.

Sekolah sudah mulai menghasilkan species baru. Jika SLTA kini SMA, SLTP kini SMP, STM kini SMK, dan beberapa tahun terakhir khusunya di Surabaya bermunculan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Dari turunan SMA tersebut seharusnya murid memiliki target kuliah di kampus bule untuk melanjutkan jejaknya di RSBI. Jika semakin banyak SMA RSBI dan memiliki target kampus bule, boaya kuliah negeri semakin tinggi, tawaran asing semakin melonjak, bagaimana kampus tulen kita?

 

Published in Arsip Pendidikan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *