Skip to content →

Pemilihan Fakultas: Faktor Trend, Hobi atau Kemampuan?

Musim SNMPTN tahap pertama atau SNMPTN jalur undangan telah usai. Menurut saya ada yang mengganjal dalam hasil pengumuman. Dalam koran JP yang mengutip tentang pengumuman SNMPTN jalur undangan terdapat bangku kosong yang tidak bisa dikatakan sedikit.

Menurut beberapa rektor yang universitasnya memiliki bangku kosong hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Misalnya, memang nilai rapor semester 1 hingga semester 5 pendaftar tidak mencukupi syarat yang ditentukan, fakultas atau program studi yang kurang diminati pada tahun sebelumnya.

Pemilihan fakultas sendiri menurut saya didasarkan oleh beberapa faktor diantaranya, trend yang terjadi yang dikalangan masyarakat, kesukaan individu, atau kemampuan individu.

Trend yang terjadi di kalangan masyarakat menjadi faktor tertinggi menurut saya. Dapat kita lihat sekarang fakultas teknik informatika peminat fakultas ini melebihi batas normal peminat. Sekitar lebih dari 1000 peminat memperebutkan kursi fakultas teknik informatika.

Dalam era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi sudah tidak dapat di tahan lagi. Maka dari itu fakultas informatikapun kebanjiran peminta.

Faktor kedua yaitu hobi. Saya memilih hobi sebagai faktor pemilihan fakultas atau program studi karena menurut saya dalam diri seseorang terdapat kesenangan manusiawi yang tidak dapat dihalangi. Dengan adanya hobi maka sudah dapat dipasstikan bahwa calon mahasiswa tersebut memiliki materi dasar.

Saya ambil saya sendiri sebagai sampel dimana saya suka sekali dengan yang namanya komputer. Tentu sudah tidak perlu ditanya lagi fakultas yang saya minati adalah teknik informatika dan lain-lain.

Faktor ketiga, kemampuan. Mengapa saya mengambil kemampuan? Dizaman yang semakin maju ini sudah banyak lembaga bimbingan belajar atau yang sering disebut LBB. Saya sudah mendengar sendiri bagaimana mereka menyarankan atau memberi masukan kepada calon mahasiswa yang tergabung dalam bimbingan belajar mereka.

Seperti contoh si A berkonsultasi dengan lembaga bimbingan belajar X dan dia berkonsultasi dengan mbak R. Disini lembaga bimbingan belajar telah memberikan ujian passing grade. Lalu mbak R bertanya “berapa nilai passing grade kamu yang terakhir?” Setelah mbak R mengetahui hasil tersebut baru mbak R mengetahui jurusan mana yang dapat disarankan dan apabila mengambil 2 jurusan jurusan kedua harus berjarak 10 dari passing grade pilihan pertama.

Hal-hal diatas adalah beberapa faktor yang menjadi pertimbangan setiap individu khususnya saya. Bagaimana menurut anda?

 

 

Published in Arsip Pendidikan

6 Comments

  1. menarik . .
    antara ketiga faktor itu kira2 yang mana ya yang dominan???

    • admin admin

      Menurut saya faktor dominan tetap condong kearah kemampuan diri, karena itu yang akan menentukan masa depan.

  2. Trend ? Hobi ? atau kemampuan?
    Setiap orang pasti beda-beda ๐Ÿ˜€ . Kalau saya, lebih memilih dari kemampuan yang sejalan dengan cita-cita saya.

    Kalau mengikuti trend, saya tidak menjamin diri saya mampu di fakultas tersebut.

    Kalau hobi sekedar hobi, pasti sudah senang dari kecil. Sehingga ada keinginan untuk memperdalam ilmu itu sendiri (lewat manapun kita halalkan) . Hobi saya di design dan seni rupa. Mau pilih desain grafis? Tapi setelah di pikir-pikir. Saya bisa mempelajarinya sendiri dari teman, guru, buku-buku dan kakak saya sendiri.

    Nah, kalau kemampuan. Kemampuan ini kadang tidak kita sadari. Bahkan orang-orang kebanyakan mengikuti test kemampuan saat duduk di bangku kelas XII untuk mengetahui kemampuannya. Nah, nanti kalau saya kelas XII benar-benar tahu kemampuan saya melalui test tersebut. Saya pasti mengembangkannya di masa depan fakultas saya ๐Ÿ˜€ . Dan akhirnya mencetak diri untuk menjadi benar-benar mampu dan siap bekerja.

  3. faktor kemampuan akan lebih penting.

  4. sepertinya faktor biaya juga menentukan

    • admin admin

      Tetapi jika dilihat dari faktor biaya, sudah banyak perusahaan swasta yang menyediakan program beasiswa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *