Skip to content →

Revolusi Sandal Jepit Menuju Dasi

Revolusi menurut saya adalah perubahan besar-besaran yang terjadi pada sikap atau kejadian moral pada sesorang atau lingkungan sekitar. Revolusi itu sendiri juga dapat dikatakan sebagai titik balik. Pada konteks ini revolusi diartikan sebagai perubahan atau titik balik yang dimiliki oleh seseorang.

Tahukah anda tentang reality show yang ada di salah satu televisi swasta di Indonesia. Seringkali acara tersebut seringkali me-review liku-liku kehidupan seseorang. Ternyata tidak sedikit orang yang masa kecilnya diwarnai dengan cerita pahit, manis dan sekarang mereka dapat merevolusi hidup mereka.

Hampir atau dapat dikatakan semua orang di Indonesia bahkan di dunia memiliki titik balik pada kehidupannya. Masalahnya apakah mereka mengetahui titik balik mereka? Kita harus kritis melihat hal tersebut. Kemungkinan besar orang-orang yang dapat melihat titik balik mereka adalah mereka yang berkerja keras dalam masa kecilnya sehingga mereka bersungguh-sungguh mengejar cita-citanya untuk merubah kehidupan anaknya kelak.

Kisah orang yang mengerti akan titik balik mereka dapat dicontohkan dengan beberapa cerita tentangnya seperti berjualan di sekolah, menjadi tulang punggung keluarga, membantu orang tua mencari nafkah. Saya acungkan jempol kepada mereka, karena dengan tanggung jawab yang begitu besar mereka masih mampu meneruskan pendidikan mereka.

Hal itu dapat dicerminkan dengan kesuksesannya lulus dari bangku kuliah dan mengalahkan orang yang diatas mereka. Jika orang yang derajatnya lebih tinggi diatas mereka hanya dapat menyelesaikan pendidikan S1, mereka mampu menyelesaikan kisah pendidikan mereka hingga S3. Seperti kisah Azyumardi Azra yang mempunyai seorang ayah tukang kayu, dengan pekerjaan tersebut pasti beliau sudah kental dengan permasalahan ekonomi dalam kehidupannya. Namun inilah bukti dari adanya titik balik seseorang. Kini beliau sudah menyelesaikan studi S3, dan menjadi Board of trustees International Islamic University Islamabad(sejak 2006).

Sebenarnya apa yang menyebabkan mereka dapat memutar 180 derajat kehidupannya?

Menurut saya, jika kita lihat dari sisi ekonomi. Hal tersebut bisa menjadi penyemangat mereka. Ekonomi disini menjadi penyemangat karena mereka tahu sangat banyak keringat yang menetes dari dagu kedua orang tua mereka yang meperjuangkan hidup demi anaknya. Kesadaran merekalah yang merubah mereka. Memang saat itu Indonesia belum memiliki program wajib belajar dengan digratiskannya pendidikan di Indonesia seperti saat ini, jadi uang itu terasa lebih berharga.

Satu hal lagi yang terpenting adalah semangat mereka. Mereka tahu orang-orang yang berada disekitar mereka sangat sulit untuk mencukupi kebutuhan dan rasa itu sungguh tidak nyaman bagi kita. Jangankan mereka kita coba posisikan diri sejenak sebagai mereka dan pikirkanlah. Mereka lebih menghargai ilmu tersebut serta memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Beberapa hal diatas berbeda dengan saat ini, pemerintah memiliki program wajib belajar 12 tahun gratis misalnya saja Surabaya. Pelajar terkesan urang menghargai ilmu mereka, salah satu sebabnya adalah tidak adanya kewajiban membayar sekolah yang akan mereka keluarkan. Biasanya hal yang dilakukan dengan tidak adanya pengorbanan oleh diri sendiri maka hal tersebut kurang mempunyai arti bagi orang tersebut. Sebagai contoh dari saya saja, suatu hari saya mendapat pekerjaan review yang hasilnya adalah 13500. Bagi saya itu lebih berharga daripada uang yang dikasih oleh orang tua saya.

Dari hal tersebut anda, maka hargailah hal apapun asalkan hal tersebut bersifat positif bagi diri kita. Peganglah komitmen anda kuat-kuat untuk selalu berkembang dan mencapai impian kita(Alpha Male Syndrome,2006). Tetap semangat!

Published in Arsip Pendidikan

12 Comments

  1. Dari kenyataan memang banyak kita temui hal-hal seperti itu.
    Dengan tidak adanya biaya, bukan berarti tidak ada semangat buat para kalangan kebawah untuk menunjukkan prestasinya.
    Good, develop your article.

    • admin admin

      Yap benar sekali,, tidak ada yang tidak mungkin mas.. πŸ™‚

  2. ini bukti bahwa menjadi sukses itu bukan mimpi belaka.

  3. Benar sekali. Hasil sedikit apapun akan sangat berarti bagi kita apabila kita mendapatkannya dengan usaha sendiri ketimbang diberi secara cuma2 πŸ™‚

  4. wah wah….
    topik posting kita sama… ^_^
    asik yah bisa bikin dan membaca postingan yang memotivasi…
    dan seru juga filosofinya ini ^___^

    salam sore…. ^_^ semoga kita gak pernah nyerah dengan mimpi dan sukses yang kita idamkan ^_^ amin

  5. wiwiik wwee wiwiik wwee

    like mall… !!
    smangatt ! πŸ˜€

  6. Hanya berbekal sedikit, menghasilkan hasil yang sangat sangat memuaskan.
    Contoh bagus buat inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *