Teknologi Untuk Bangsa: Menjadikan Generasi Bangsa Berkualitas

Photo by Aqmal

Google, facebook, twitter tiga situs besar yang menjadi tujuan pemberhentian bagi pengguna internet Indonesia. Tiga situs diatas mendapatkan efek yang luar biasa akibat pengguna Indonesia. bahkan karena pengguna internet yang cukup banyak salah satu dari mereka berencana membuka kantor di Indonesia. pada zaman modern ini sepertinya takkan ada lampu merah bagi teknologi.

Perkembangan teknologi mulai dari gadget, social media, online business sangat berpengaruh bagi bangsa ini. Seperti isu-isu besar yang beredar luar biasa pasti social media tidak mungkin tidak menyinggungnya. Pada gadget, hampir seluruh orang di bangsa kita Indonesia mempunya gadget yaitu handphone. Namun ditengah melesatnya teknologi, rakyat kita belum sepenuhnya sadar akan hal-hal positif teknologi. Padahal jika kita lihat sekarang saja teknologi sudah seperti ini, apalagi masa depan. Teknologi akan menjadi faktor penting.

Teknologi untuk bangsa, bagaimana pendapat anda? Menurut saya tema tersebut identik dengan generasi muda yaitu generasi penerus bangsa dimana mereka adalah salah satu pengguna teknologi yang mendominasi dibandingkan kalangan yang lebih tua diatas mereka.

Jika dilihat kondisi saat ini, pemuda online kurang sadar akan teknologi tersebut. Sehingga sedikit sekali manfaat positif yang dapat ia dapatkan ketika memasuki dunia online untukΒ  mereka abdikan untuk bangsa. Tidak jarang terjadi penyimpangan teknologi. Seperti penyimpangan facebook dan handphone. pasti kita tahu kasus apa yang sering terjadi dalam penyimpangan facebook. Ya benar, kasus trafficking virus facebook ini ramai diperbincangkan. Menurut saya kita dapat menghindari hal tersebut menjadi professional facebooker.


Professional facebooker yang saya maksud disini adalah memfungsikan penggunaan facebook secara profesional, seperti men-sharing ilmu menambah jaringan. Dalam artian jaringan tersebut tidak menyimpang dari bidang kita. Bahkan sebagai murid yang menjadi facebooker professional kita bisa saling bertukar info atau tugas yang nantinya dapat membimbing kita menuju masa depan cerah untuk kesuksesan bangsa.


Pernyataan tentang handphone, ya menurut antaranews tanggal 14 Juli 2010 pengguna handphone Indonesia sudah 80 persen. Nah berarti hampir pelajar SMA memilikinya. Memang handphone berguna apabila handphone kita gunakan misalnya: mengambil foto papan tulis disaat kita belum selesai menulis pembahasan soal HP akan menjadi penoolong kita. Namun hal HP akan menjadi masalah ketika dibawa oleh pengguna. (pengalaman pribadi). Fungsi handphone tidak lagi sebagai penolong tetapi sebagai perusak. Maka kesadaranlah yang akan menyadarkan diri mereka yang sedang dilanda virus tersebut.

Β Teknologi untuk bangsa memnag identik dengan remaja, namun tidak menyurutkan peran senior yang dapat mengajari dan meluruskan kita dalam kemajuan teknologi. Seperti halnya blogger senior. Ya jika dilihat blogger bagi orang awam memang sangat malas untuk apa blogger itu. Namun seiring banyaknya seminar atau workshop dari senior kita lebih mengetahui hal tersebut.


Blogger, blogger identik dengan menulis. Satu hal menarik yang saya dapat dari tema saya di UK. Bahwa setiap tes diluar negeri selalu ada ujian menulis esai. bagaimana dengan Indonesia? Dengan memanfaatkan teknologi internet kita dapat melakukan kegiatan nge-blog, sehingga kita bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dengan artikel atau karya tulisan kita yang MANTAB. Bukan tidak mungkin lagi menulis akan menjadi sebuah kebiasaan bagi blogger. Dari sini kita akan mendapatkan dua manfaat, karena menulis identik dengan membaca artinya kita menulis dan pasti kita akan mencari referensi dari sumber-sumber yang telah terverifikasi.


Teknologi untuk bangsa, sebenarnya dukungan teknologi yang serba maju saat ini harus diikuti dengan kesadaran diri dan iman yang kuat agar kita dapat memberikan manfaat untuk bangsa yang kita tempati ini. mari kita pikirkan teknologi ini dengan jangka panjang. Sehingga nantinya bangsa dapat merasakan efek dari generasi-generasi muda yang berkualitas. Dari teknologi untuk bangsa kita.

AQMAL NUR JIHAD



51 thoughts on “Teknologi Untuk Bangsa: Menjadikan Generasi Bangsa Berkualitas

  1. semoga teknologi yang terus berkembang pesat ini, dibarengi dengan berkembangnya tanggung jawab dalam menggunakannya..

  2. Setuju,

    Tehnologi harus digunakan untuk kemajuan bangsa..

    Tetapi, terkadang banyak sekali orang yang menggunakannya untuk hal negatif, atau hal yang merugikan…

  3. tapi herannya, remaja indonesia saat ini hanya menikmati teknologi yg ada namun, masih sedikit, termasuk saya yg berkreatifitas menciptakan teknologi untuk menyaingi negara luar

  4. Aku setuju,

    berharap WNI bisa memanfaatkan teknologi dng sebaik-baiknya. Sayang sekali kalo di zaman seperti ini tidak dmanfaatkan dng baik

  5. berbicara tentang teknologi memang menyanangkan, apalagi bisa memanfaatkan teknologi..
    baik buruknya teknologi sangat tergantung pada masing-masing individu, sebaik apapun teknologinya kalau individu tersebut tidak dapat menggunakan secara semestinya, ya sangat disayangkan..

    jadi kemajuan teknologi sudah selayaknya dibarengi dengan kesadaran masing-masing individu utk dapat menggunakannya secara beretika..

  6. aku setuju sama teknologi utk bangsa yang digunakan untuk hal-hal positif

    *yang memotret papan tulis dengan HP waktu belum selesai nyatet itu kita banget deh mal.. haha.. πŸ˜€

  7. lagi lagi kau menuliskan sumber dariku.. :p

    nggak salah kok kalau semua orang punya HP. Pokoknya, gunakan teknologi dalam hal positif.

  8. betuuul *(Λ†β–½Λ†)/* jangan hanya numpang tenar dan eksis lewat teknologi . manfaatin teknologi pada jalan yang benar . syukur2 ga hanya jd konsumen tapi malah yang ngembangin teknologi β””(˘.Λ˜β””).

  9. diarykudiblog: yap benar sekali.. Kebanyakan masih terjajah oleh teknologi yang ada..

    Android: Okee.. mari kita manfaatkan teknologi untuk bangsa

    My Collection: aminn..:)

  10. Ibnmalik: benar skali.. πŸ™‚ kita gunakan teknologi sesuai kemampuan kita..

    Fyrda: hahaha,, lha iya.. cocok wes..

    Detia: hehe,, bersyukur saya punya teman yang menginspirasiku.. πŸ˜€ yap,, selagi itu positif no problem..

    Nop: Yuhuu,, apalagi jadi produsen baru.. πŸ˜€

  11. setuju mas. Kalo ada fasilitas, seharusnya dimanfaatkan untuk hal yang positif dan hal-hal yang bermanfaat. Bukannya malah dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif πŸ™‚

  12. bener juga andai saja semua anak bangsa memanfaatkan teknologi untuk hal positif pasti negara jadi lebih maju.tidak seperti sekarang.
    indonesia mendapat peringkat ke 3 pengakses situs porno.sangat emalukan

  13. Pernyataan yang tersampaikan memang benar, bahwa perkembangan teknologi harus diimbangi dengan bertambahnya kesadaran individu untuk memanfaat teknologi dalam hal positif. Namun kita tidak mungkin berdiam diri saja membiarkan individu-individu perusak itu meraja rela dalam pemanfaatan perkembangan teknologi. Lantas bagaimana kita menanggapinya?
    Sedangkan bila kita sudah tau begitu tapi mengapa membiarkannya. Padahal hal tersebut sama dengan kita mendukung mereka.
    :D:D

  14. Setuju pak ketua. πŸ˜€
    Tapi tidak semua generasi muda memanfaatkan teknologi untuk hal positif. Kebanyakan mereka memanfaatkan teknologi untuk hal negatif. Andaikan mereka bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, pasti teknologi yang sudah berkembang pesat bisa lebih bermanfaat untuk bangsa dan untuk diri mereka sendiri. πŸ™‚

  15. Setuju pak ketua. πŸ˜€
    Tapi tidak semua generasi muda memanfaatkan teknologi untuk hal positif. Kebanyakan mereka memanfaatkan teknologi untuk hal negatif. Andaikan mereka bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, pasti teknologi yang sudah berkembang pesat bisa lebih bermanfaat untuk bangsa dan untuk diri mereka sendiri. πŸ™‚

  16. @erwin: Nah itu masalahnya.. (golek masalah)Terkadang untuk mengingatkan individu tersebut kita sebagai orang yang sadar terkadang juga butuh massa.. Namun saat ini langkah kita untuk mencegah hal2 negatif (spti xx) telah dibantu oleh pemerintah dan ISP yang telah memblok situs2 itu..

  17. Dan perkembangan teknologi adalah cerminan kualitas bangsa. Semakin baik teknologinya, maka banyak pula kaum intelektual di dalamnya.

  18. mas @helmy: Yah benar, dengan semakin banyaknya kaum intelektual maka semakin meningkat pula kualitas SDM Indonesia.. πŸ˜‰

  19. padahal ada sisi produktif dari media jejaring sosial, bahkan lebih efektif daripada propaganda produk melalui media tv misalnya, karena saya yakin pengguna jejaring sosial lebih mudah dalam peningkatan minat beli, (maklum, kaum berduit bro)

  20. Semoga dengan kemajuan teknologi kita dapat memajukan bangsa Indonesia supaya menjadi negara yang maju dan sejahtera… πŸ™‚
    Bukan malah menggunakan kemajuan teknologi untuk melakukan hal-hal yang negatif…

  21. absen kemajuan teknologi seperti 2 mata pisau tergantung siapa pengguna nya O_O sdh sy follow blog dan networkedblogs ya.

  22. @tirta. iya benar bro.. Dengan pengguna yg 'berkualitas' maka semakin baik fungsi dan hasil yang akan diperoleh dari kegunaan teknologi tersebut.. πŸ˜‰

  23. twitter, facebook hanya akan menambah pekerjaan saya ketika online di internet
    *update status yg harusnya tak perlu, ngoceh di twitt kek anak kecil bawel

    tapi ndak dapat dipungkiri itu bisa ngilangin jenuh :))

  24. setuju, penggunaan teknologi yang menyimpang dapat dikendalikan dengan kesadaran. lalu bagaimana dengan pengguna teknologi yang tak kunjung menemukan kesadaran hingga penyimpangan teknologinya dapat mengganggu pihak lain?
    apalagi ditengah melesatnya teknologi saat ini, banyak cara yang membuat pemerintah tidak dapat menanggulangi cybercrime yang kian marak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *