Koran Sindo – Perbatasan Pelita Harapan

Desa perbatasan diharapkan menjadi “etalase Indonesia”. Membangun kesejahteraan masyarakat daerah perbatasan adalah kunci realisasi “etalase Indonesia”.

Read Time:37 Second

Sejumlah permasalahan hadir sebagai modal dasar terbentuknya harapan. Sepanjang 2015, perjalanan Indonesia diwarnai dengan pelbagai masalah dari beragam sektor, seperti kebakaran hutan pada bidang lingkungan hidup dan kehutanan hingga konflik daerah perbatasan. Indonesia yang secara geografis berada pada lokasi strategis memiliki konsekuensi perbatasan dengan beberapa negara. Pembangunan daerah perbatasan termasuk dalam agenda Nawacita. Perhatian pemerintah mengalami perubahan cara pandang dalam beberapa tahun terakhir. Daerah perbatasan bukan lagi sebagai daerah terluar, melainkan sebagai etalase Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Presiden Jokowi awal 2015. Salah satu negara yang berbatasan langsung adalah Malaysia. Perbatasan darat Indonesia-Malaysia terbentang sejauh 2.004 km.

Tulisan ini dimuat dalam kolom Suara Mahasiswa pada Koran Sindo. Anda dapat membaca versi lengkap dalam laman Koran Sindo atau klik tautan ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social profiles